Laman

Rabu, 13 Juli 2011

Brasil Lolos Sebagai Juara Grup

Brasil Lolos Sebagai Juara Grup  
Grup B Copa America 2011
Alexandre Pato (kiri) dan Neymar masing-masing menyumbang dua gol untuk membawa Brasil membekuk Ekuador 4-2 pada laga terakhir Grup C Copa America di Cordoba, 13 Juli 2011. AFP PHOTO/RODRIGO BUENDIA
Neymar dan Alexandre Pato (© AFP 2011)

Cordoba: Brasil menunjukkan kelasnya sebagai juara bertahan. Dua gol masing-masing dari Alexandre Pato dan Neymar memastikan tim Samba lolos ke babak perempat final usai menyudahi perlawanan Ekuador 4-2 (1-1), Rabu (13/7) malam waktu setempat atau Kamis pagi WIB.

Meski belum pada performa terbaiknya, Brasil yang pada dua laga sebelumnya hanya bermain seri itu mampu membuktikan diri pada laga pamungkas di Grup C di Estadio Mario Alberto Kempes, Cordoba. Hasil ini menuntun Brasil lolos ke babak perempat final sebagai juara grup dengan raihan lima poin, unggul selisih gol dari Venezuela tepat di bawah mereka.

Pelatih Timnas Brasil Mano Menezes melakukan perubahan dengan memainkan Douglas Maicon� untuk menggantikan Daniel Alves. Meski begitu, serangan joga bonito tidak juga terlihat tajam. Barulah pada menit ke-28, Pato mampu memecah kebuntuan. Menerima umpan silang Andre Santos dari rusuk kiri, striker andal AC Milan ini menyambutnya dengan sundulan yang menggetarkan jala gawang Ekuador. Selecao unggul 1-0.

Robinho nyaris menggandakan keunggulan Brasil ketika sepakannya membentur tiang gawang pada menit ke-37. Tapi, selang beberapa detik, Ekuador mengguncang Brasil. Kesalahan Julio Cesar dalam mengantisipasi tendangan menyusur tanah dari Felipe Caicedo yang seharusnya bisa dimentahkan olehnya harus dibayar mahal. Skor imbang 1-1. Namun Cesar mampu membayar kesalahan itu di menit terakhir babak pertama dengan menggagalkan tendangan keras Michael Arroyo.

Empat menit babak kedua berjalan Brasil kembali memimpin. Neymar membuktikan pantas diperebutkan klub-klub besar Eropa. Dengan jitu dia menuntaskan umpan terobosan akurat rekannya di Santos, Ganso. Brasil memimpin 2-1.

Caicedo menjadi momok menakutkan bagi Brasil. Pada menit ke-59 untuk kedua kalinya striker Lokomotiv Moscow itu memperdayai Julio Cesar. Skor pun kembali imbang untuk kedua kalinya. Brasil merespon cepat dan satu menit kemudian Pato mencetak gol keduanya di kejuaraan ini setelah terjadi kemelut di depan gawang lawan.

Brasil tidak mau kecolongan lagi. Juara delapan kali Copa America itu menggandakan keunggulan di menit ke-72 ketika umpan matang Maicon yang menerobos sisi kiri pertahanan Ekuador dituntaskan dengan dingin Neymar. Brasil kali ini bisa mengatur tempo dan memaksa Ekuador pulang kandang lewat kemenangan 4-2.

Ekuador dengan demikian menjadi tim terakhir yang harus angkat koper dari Argentina menyusul Kosta Rika, Bolivia, dan Meksiko. Di babak delapan besar Brasil akan ditantang Paraguay, peringkat tiga terbaik dari Grup B. Jika mampu melewati hadangan Paraguay, Brasil akan bertemu pemenang partai Cile kontra Venezuela.(DIM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar